loading...

Bitcon Penuh Dengan Resiko, Pemula Wajib Tahu Sebelum Memulai!

Menakar resiko dari perdagangan Bitcoin

Resiko 'Bermain' Bitcoin - Halo bro, harga bitcoin yang saat ini terus melonjak benar-benar membuat orang semakin tertarik untuk berburu ataupun menginvestasikan harta mereka hanya untuk mata uang digital sakti yang satu ini. Tak hanya Bitcoin saja, Cryptocoin yang lainnya seperti Doge,LTC,Ethereum,Ripple juga menjadi sasaran untuk diburu. Akan tetapi jangan senang dulu, kamu akan mengalami masa-masa pubertas, ehh salahh, maksudnya masa-masa mengalami kerugian saat memperdagangkan mata uang digital yang satu ini.

Sesuai dengan topik yang diatas, kali ini saya akan membahas tentang kerugian yang akan muncul dari aktifitas yang berhubungan dengan mata uang digital. Kerugian itupun dibagi dua, kerugian materi dan kerugian waktu. Jadi, buat kamu yang ingin terjun ke dunia Cryptocurrency wajib mengetahui hal apa saja yang akan menimpa kamu dengan membaca artikel yang satu ini.

Trading


Trading (perdagangan) adalah aktifitas jual-beli yang terjadi didunia Cryptocurrency. Trading juga semakin diminati semua kalangan dari yang muda sampai yang tua pun ikut mempertaruhkan hartanya, karena dengan cara trading ini kita akan mendapatkan profit yang menggiurkan, semakin besar modal yang kita keluarkan maka semakin besar pula pendapatan yang akan kita peroleh. Tak heran jika orang tergiur dengan trading ini. Namun tak banyak yang mengetahui resiko-resiko dari memperdagangkan mata uang digital ini. Resiko-resikonya antara lain:

Nilai Aset Turun

Harga mata uang digital ini benar-benar fluktuatif, susah ditebak, bisa turun dan naik dengan drastis tanpa sepengetahuan kita. Bisa jadi kamu hari ini membeli coin Ripple (XRP) dengan harga Rp13.000,- Rupiah, keesokan harinya nilai aset turun menjadi Rp4.000,- Rupiah. Maka yang akan kita lakukan adalah "hold" atau istilahnya menahan aset sampai harga market kembali normal.

Namun, bagaimana dengan aset yang anjlok susah untuk naik kembali ke harga yang diinginkan? Jika aset tersebut tidak naik dalam kurun waktu yang kita prediksikan, maka Cut Loss pun menjadi pilihan dan kita akan mendapatkan kerugian materi..

Aset Naik Dalam Kurun Waktu yang Lama

Tidak semua aset digital segagah Bitcoin, ada juga beberapa aset digital yang lambat dalam bergerak. Jika kamu terlanjur membeli coin yang susah naik. Harus bersabar atau jika kamu tidak sabaran kamu bisa menukarkan coin tersebut ke coin yang lebih cepat pergerakannya. Jangan menunggu bertahun-tahun hanya untuk satu coin...

Market Bangkrut/Berhenti Beroperasi

Market bisa ditutup atau bangkrut? yaiyalah. Karena semua perusahaan termasuk market jual-beli mata uang digital bisa ditutup. Sebagai contoh, dua pasar jual beli Bitcoin di China tutup, yaitu ViaBTC dan BTCC. BTCC yang merupakan pasar yang terbesar di negeri Tirai Bambu dan pasar yang terbesar ketiga didunia menyatakan dengan resmi diakun twitternya bahwa tidak akan melayani lagi perdagangan Cryptocurrency.

Jika ada pertanyaan yang muncul mengapa pasar Cryptocurrency bisa bangkrut/tutup, jawabannya ada pada Regulasi Pemerintah. Pemerintah dari berbagai negara termasuk negara kita Indonesia, sedang gencar soal pemerintah yang "mengharamkan" perdagangan mata uang digital yang satu ini dikarenakan mata uang digital ini dianggap sebagai perjudian. Atau kalian bisa baca artikel tentang ulama yang mengharamkan perdagangan Bitcoin.

Cloud Mining


Cloud mining adalah jasa menambang Cryptocurrency yang ditawarkan oleh website atau perusahaan tertentu, jadi yang hanya kita lakukan adalah mendaftar, membeli alat alat mining seperti kecepatan menambang (Hash Power), dan melakukan pengecekan hasil menambang setiap hari. Cloud mining semakin diminati karena harga alat miner (alat untuk menambang) yang semakin mahal.

Resiko yang terjadi didunia Cloud Mining adalah dengan adanya situs SCAM. Hal yang harus kamu lakukan adalah mengecek situs tersebut apakah scam atau tidak, untuk mengeceknya kalian bisa baca artikel cara mengetahui suatu website legit atau scam. Tapi hal yang paling utama adalah harus was-was, jangan mudah percaya kepada suatu website karena tampilannya yang bagus, ber Top Level Domain (TLD) seperti .com, .net, dan semacamnya. Sebaiknya kita mengecek situs tersebut dengan cara menanyakan kepada forum-forum Bitcoin yang banyak bertebaran di Google.

ICO (Initial Coin Offering)


ICO dalam dunia Cryptocurrency adalah penawaran koin awal yang dilakukan oleh Owner sebelum Crypto yang dikembangkan benar-benar masuk ke market/pasar. Penawaran koin ini bertujuan untuk penggalangan dana yang digunakan untuk mengembangkan proyek ICO tersebut.

Para investor-investor yang berminat pada ICO bisa membeli coin atau token awal untuk mendukung proyek tersebut dengan harapan coin tersebut akan masuk ke market dan harga coin atau token itu pun melonjak dengan harga yang tinggi, tapi harapan bisa saja berubah.. Karena didunia Cryptocurrency tidak ada yang tidak mungkin. :)

Resiko terbesar ICO adalah ketika para investor membeli coin dan jika proyek tersebut tidak masuk ke market manapun setelah masa ICO selesai, sehingga harapan para investor pun 'pupus' sudah untuk memperoleh keuntungan dari program ini, bahkan ada pula ICO yang scam pada saat masa ICO tengah berlangsung.


Faucet


Faucet adalah web atau aplikasi yang menyediakan Bitcoin atau Cryptocurrency secara cuma cuma atau gratis dengan jangka waktu tertentu untuk claim. Coin yang didapat memang berupa receh, tapi jika kita rajin mengclaim coin tersebut, maka recehan akan berubah menjadi Rupiahan wkwk..

Pemilik website/aplikasi Faucet juga mendapatkan biaya dari iklan yang dipasang pada website/aplikasi mereka, dengan iklan inilah mereka membayar kalian dengan bentuk Cryptocurrency.

Meski kita tidak perlu melakukan Deposit untuk mendapatkan Bitcoin dari Faucet, tapi tak jarang juga situs/aplikasi Faucet yang tidak membayar kalian. Faucet seperti ini memang awal dari tujuan mereka untuk mendapatkan keuntungan dari para pengiklan (baik itu PPC ataupun CPM). Jika kita rajin mengclaim situs faucet yang scam, maka kita akan rugi kuota internet dan rugi dalam hal waktu. Untuk faucet-faucet yang tidak scam, sudah saya rekomendasikan untuk kamu pemburu receh mata uang digital.. Baca di Kumpulan Situs Mining yang Aman dan Terpercaya. Tapi ingat, tidak selamanya situs faucet tersebut legit, ada masanya situs-situs akan scam. Nikmati sebelum scam..

Itulah beberapa resiko dalam dunia Cryptocurrency yang sudah saya rangkum. Intinya kenali dulu sebelum memulai, jangan memulai dulu sebelum mengenali, karena itu akan membuat kamu rugi nantinya. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya, semoga bermanfaat dan salam sukses Pemburu Receh Indonesia.

0 Response to "Bitcon Penuh Dengan Resiko, Pemula Wajib Tahu Sebelum Memulai!"

Post a Comment

Budayakan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun.

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel