loading...

Samsung Buat Chip Penambang Bitcoin

Samsung Buat Chip Penambang Bitcoin
Pemburu Receh Indonesia - Dunia digital kini tengah dilanda demam mata uang virtual (cryptocurrency) seperti Bitcoin, Ethereum, Litecoin, dan lain-lain. Samsung pun kini aktif membuat chip menambang (mining) cryptocurrency.

Raksasa elektronik asal Korea Selatan yang sekaligus salah satu pabrik chip terbesar didunia tersebut kabarnya memasok hardware untuk sejumlah klien, termasuk Bitman di China.

"Bisnis foundry Samsung sekarang terlibat dalam pembuatan chip untuk menambang cryptocurrency. Namun, kami tak bisa menjelaskan lebih lanjut tentang para pelanggan kami," ujar seorang juru bicara Samsung.

Bisnis foundry di dalam divisi semikonduktor Samsung beroperasi di bidang pembuatan chipset milik perusahaan lain (contract manufacturing).

Jenis chip yang dibuat oleh Samsung untuk mining cryptocurrency bukan CPU atau GPU (pengolah grafis) seperti biasa yang terdapat di dalam komputer atau gadget, melainkan ASIC (application-specific integrated circuit).

Berbeda dari berbagai prosesor utama yang dibuat untuk menangani berbagai macam proses, ASIC ini secara khusus dirancang untuk menangani satu tugas saja dengan efisien, dalam hal ini mining cryptocurrency.

Sebab itulah, angka permintaan terhadap chip ASIC untuk menambang kini melonjak seiring dengan meningkat popularitasnya mata uang virtual (cryptocurrency).

Proses mining sendiri menggunakan sumber daya komputasi dari para pengguna cryptocurrency secara kolektif untuk mengolah transaksi yang terjadi di dalam jaringan. Untuk Bitcoin sendiri, mining akan menghasilkan imbalan berupa kepingan Bitcoin baru.

Semakin lama proses mining, semakin berat dan menuntut daya komputasi yang tinggi pula. Selain ASIC, chip jenis lain yang umum digunakan untuk mining adalah GPU di kartu-kartu grafis komputer.

Pabrik chip asal Taiwan, TSMC sebelumnya dikabarkan mendapat tambahan pemasukan antara 350 juta sampai 400 juta dollar AS per kuartal, dan chip ASIC untuk mining cryptocurrency.

Belum jelas berapa tambahan pemasukan yang diperoleh Samsung dengan terjun ke bisnis tersebut. Bisnis chip Samsung secara keseluruhan menghasilkan pendapatan sekitar 69 miliar dollar AS per tahun.

0 Response to "Samsung Buat Chip Penambang Bitcoin"

Post a Comment

Budayakan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun.

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel